TERJEMAHAN
PRASASTI SRI DALEM MYUKUT
Om Semoga
terhindar dari segala kegelapan.
Inilah kejelasan Dalem Myukut. Juga merupakan yang di sucikan,
apa sebabnya ada yang di sucikan? karena di sebabkan oleh keadan dari dahulu
kala, keadaan tersebut tercipta dengan adanya Pulau Nusa, namun masih dalam
keadaan kosong ( tanpa ada pemimpin ). Dengan demikian sehingga ingatlah beliau
Raja Bali pada wilayahnya yang masih kosong tersebut, itulah sebabnya beliau
memerintahkan dan menghadirkan para penasehat dan para punggawa kerajaan.
termasuk para mentri panglima perang semua. dengan tujuan akan membicarakan
keadaan wilayah kerajaannya yang masih kosong yaitu Pulau Nusa.
Karena semuanya sudah sepakat, maka di benarkanlah Sri Dalem
Myukut yang tinggal di Nusa, apa tujuan beliau menempatkan di Nusa? beliau
bermaksud agar ada yang memerintah wilayah kerajaan beliau yang kosong
tersebut. Oleh karena itu beliau Raja Bali dengan segera mengutus punakawannya
supaya menghadap dan menjemput Sri Dalem Myukut di Wilatikta ( Maja Pahit ).
Sri Dalem Myukut menyetujui dengan maksud Raja Bali. Akan tetapi kepergian
beliau menuju Pulau Nusa diiringi oleh Ki Pande Besii Tanpa nama, diiringi pula
oleh Ki Pasek, dan Ki Mandesa. Ada pula yang di bawa oleh beliau Sri Dalem
Myukut sebagai pedoman ( ciri, pengingat ) yaitu Pohon Cemara, Bedil, Kentongan
(kulkul ), Preret yang berbunyi ( sebuah alat musik tradisional yang terbuat
dari bambu ), itulah bawaan beliau dari Majapahit menuju Pulau Nusa.
Tidak terceritakan tentang perjalanan Sri Dalem Myukut tatkala
beliau menuju Nusa..Namun pada perjalann tersebut beliau mendarat di sebuah
pulau gaga, yang bernama sasak ( lombok ). Singkat cerita, disanalah beliau
sempat di nobatkan sebagai Adi Pati ( ke jaya – jaya ). Setelah lama beliau
tinggal di Sasak ( lombok ). Pada suatu malam beliau teringat sesuatu, ingatlah
beliau pada Pulau Nusa yang menjadi tujuan utama beliau dalam perjalanan ini.
Dengan demikian berangkatlah beliau bersama rombongan menuju Pulau Nusa.
sampailah beliau di Nusa. Tidak diceritakan siang malam, bulan berganti bulan,
tahun berganti tahun, sehingga sudah lamalah beliau tinggal di Pulau Nusa,
setelah Nusa menjadi tentram berkat kepemimpinan beliau, tibalah saatnya beliau
membagikan tempat pada putra – putra dan pengasuh, dengan tujuan agar semua
para putra – putra beliau bertempat tinggal di pesisir atau mengelilingi Pulau
Nusa. adapun tempat tinggal putra – putra beliau sebagai berikut:
I Gusti Mur bertempat tinggal di Desa Sekartaji. Beliau I Gusti
Ngurah tinggal di Desa Pangkung. Beliau I Gusti Dalem tinggal di Desa Ped.
Beliau I Gusti Lanang bertempat tinggal di sebuah Desa yang bernama Sompang.
Beliau I Gusti Manteb tinggal di Desa yang bernama Sakti. Beliau I Gusti
Mandesa tinggal di Desa Suana. Sementara Beliau I Gusti Cucukan tinggalah di
sebuah Desa yang diberi nama Bucang. Yang disebut sebagai pangenter ( pengasuh
) di berilah tempat tinggal di sebuah Desa yang bernama Pulagan. Dan I Gusti
Ngurah Pangkung lah nama Desa beliau. demikianlah yang terjadi untuk selamanya.
Sementara ada seseorang yang datang, orang yang datang tersebut
bernama I Made Pukite ( tanpa nama ). namun yang di tuju adalah I Gusti Ngurah
Pangkung untuknya bertempat tinggal. Adapun Ki Pande Wesi mengikuti perjalanan
dan segala keinginan beliau I Gusti Ngurah, demikian juga para pemuka agama dan
adat yang ikut dari majapahit, termasuk juga Ki Pasek.
Adapun beliau I Gusti Ngurah pada saat mengadakan Upacara Pitra
Yadnya, yang di benarkan dalam tatanan yadnya termasuk perlengkapan saat ada
kematian adalah sebagai berikut, Beliau I Gusti Ngurah termasuk saudara –
saudara sampai pada keturunan beliau di benarkan saat mengadakan Upacara Pitra
Yajnya mempergunakan bade atau wadah yang memakai Benawang Nala dan bertingkat
11, dan juga di benarkan mempergunakan Petulangan Lembu Hitam yang kakinya
memakai gelang Emas. Ki Patih di benarkan memakai sampai pada tingkat 5. Sebab
beliau I Gusti Ngurah ibaratkan matahari.
Demikian juga dengan kebenaran lainnya, yaitu dalam bentuk
pergaulan lengkap dengan tata kramanya, terhadap orang – orang wangsa pradewa,
satriya, beliau I Gusti Ngurah di benarkan tanpa perbedaan dalam bahasa untuk
berkomonikasi, Walaupun beliau I Gusti Ngurah sedang berhadapan dengan Raja Ida
Cokorda Idewa Agung, sesalah salahnya beliau I Gusti Ngurah jika beliau sampai
melakukan pembunuhan, beliau I Gusti Ngurah dibenarkan untuk dihukum dengan
diusir selama 3 hari. Bila kesalahan tersebut selain pembunuhan, beliau wajib
untuk di maafkan. Demikian pula bila ada keinginan beliau I Gusti Ngurah untuk
menandatangani sesuatu keputusan, bila hanya 6 sampai denga 7 kali, masih di
benarkan. Beliau I Gusti Ngurah baru di nyatakan salah bila sampai 8 kali
menandatangani sesuatu keputusan, dan hukumannya beliau wajib diusir 3 hari
lamanya. Bila beliau mempunyai pengikut atau masyarakat yang tidak memiliki
waris atau keturunan, segala harta benda yang dimiliki tidak di haturkan ke
Raja Ida Cokorda Idewa Aagung, beliaulah yang ber hak. Bila beliau menghadap
kepada Raja tanpa permisipun beliau tidak disalahkan, walaupun menghadap dengan
cara berdiri. beliau wajib untuk dimaafkan.
Dengan demikian dalam kurun waktu yang lama, tersebutlah ada
yang ingat, yaitu keturunan dari I Gustu Murdha yang di Sekartaji. ingatlah
beliau pada tanah miliknya yang sekarang pada waktu itu sepertinya sudah
menjadi satu. sehingga beliau berkeinginan untuk berbuat sesuatu untuk
menegaskan miliknya, maka dengan demikian beliau yang merupakan keturunan dari
I Gusti Murdha segera mengambil api lalu membakar semak – semak yang ada pada
bukit besar, maka dengan demikian berkobarlah api tersebut sangat besar sekali
membakar semak – semak yang ada hingga sampai pada suatu tempat yang bernama
Sekar Angon, oleh karena demikian terbakarlah semua bunga atau sekar, setiap
bukit yang terbakar oleh api tersebut serta semua tanah yang dekat dengan
jurang, beliaulah I Gusti Sekartaji yang punya. semua tanah yang berupa jurang
beliau I Gusti Pangkung lah yang punya, yang tidak terbakar oleh api Beliau I
Gusti yang ada di Ped yang punya.
Inilah tentang kebenaran garis – garis persaudaraan para putra
Sri Dalem Myukut, saudara yang terdepan ada 3, yaitu Ped, Sekartaji, Pangkung.
yang 4 adalah saudara lain ibu, yaitu, I Gusti yang tinggal di Sompang,I Gusti
yang tinggal di Sakti. I Gusti yang Tinggal di Suana. dan I Gusti yang tinggal
di Bucang. Demikianlah urutan dan kebenaran dari persaudaraan para putra beliau
Sri Dalem Myukut. semuanya ada di Pulau Nusa. Dan semuanya sama – sama bertahan
untuk selamanya, beliau – beliau tinggal di tempat atau Desa beliau masing –
masing.
Pada saat yang berbeda ada seseorang dari luar desa yang datang
ke Nusa, namun tiada lain yang dituju olehnya,I Gusti Ngurah yang di Pangkung
pulalah yang dituju oleh orang yang baru datang ke Nusa. Serta ada pula
masyarakat asli Nusa yang tunduk pada beliau I Gusti Ngurah, di antaranya,
Paguyangan, Antapan, Lipa, Sukun, dan Sebuluh, Batumadeg.
Selanjutnya saat beliau I Gusti Ngurah mengadakan Upacara Yajnya,
Banjar Macang datang membantu dengan membawa daun, dan Banjar Subya datang
membantu dengan membawa ayam kecil, karena demikian untuk selamanya, maka
beliau I Gusti Ngurah menghitung miliknya berupa tanah yang ada di tempat –
tempat yang jauh agar di kemudian hari mudah untuk dikenali, adapun semua milik
beliau di buktikan dengan adanya batu krikil yang kecil – kecil disebut juga
jlijihdan nama – nama milik beliau itu adalah sebagai berikut : ada di Batang,
ada di Bungan urip, ada yang di Tuba, ada pula di Toyapakeh, ada yang di
Crokcok, Kayu Buluh, Teba, Sebunbinga, Batupamor, Prapat, sampai di Lombok
Tanah Embet beliau mempunyai tanah.
Demikianlah yang telah menjadi keputusan dalam Prsasti ini yang
di sebut pula Pangeling – eling. Adapun mengenai hari Upacara beliau Sri Dalem
Myukut, yaitu pada hari Sabtu Umanis Wuku Watugunung, cara melaksanakan upacara
tersebut, dibenarkan sebagai berikut: Yang melakukan hendaknya membersihkan
diri dan menggunakan pakaian serba putih, dan dibenarkan pula di lakukan oleh
Sang Sulinggih, jika sampai tidak seperti yang disarankan, akibatnya akan
menjadi gila, dan berikutnya beliau I Gusti Ngurah mempunyai utang ( punagi )
di Khayangan ( saat upacara ), adapun hutang ( punagi ) tersebut yaitu
angrancah seharga 5000 ( daging yang di pakai upacara hendaknya dapat membeli
seharga 5000 ), dan babi gulingnya seharga 500. Mempergunakan Jrimpen lanang (
laki ) yang bertingkat 7. Dan jrimpen wadon ( istri ) yang bertingkat 9. Dan
semuanya yang ngayah dibenarkan untuk dapat nunas lungsuran Pasek, Pande,
Panyarikan, Pramanca Desa ( Aparat Desa ) sebab I Gusti Ngurah mempunyai kaul
pokok 1 menjadi 200.
Demikianlah adanya dari dahulu kala, Adapun Prasasti ini tidak
boleh di pindahkan dari Pura Kawitan Sri Dalem Myukut Jika ada yang berkeinginan
untuk tau isi Prasasti ini, disarankan untuk di baca di Pura Panyimpenan saja.
Bila ada yang melanggar keputusan ini, Jahtsmat ( pastu ) semoga di salahkan
oleh Bhatara Kawitan.
Om Semoga direstui oleh Yang Kuasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar